Trip To Gili Labak (December 2015)

by - 7:40:00 AM

Long time no see me, right? IM BUSY FOR: KulinerSby, some account handling, SCHOOL, shoot jtv, and broken heart healing(no, im kidding!).. and many more.

Nah karena skrg libur tlah tiba, jadi aku bisa nulis blog lagi, yeay! First, ini bukan tentang review cafe kayak biasanya, tapi perjalananku ke Gili Labak bareng temen2ku di tanggal 11-12 desember kemarin. So happy! Because, aku anaknya tukang ribet yang gasuka liburan ribet2.. Kalo ribet pasti lebih milih tour. Oh iya, sebelumnya aku jelasin ya Gili Labak itu dimana.
Gili labak terletak di Kabupaten Sumenep, ujung dari Pulau Madura. Bagaimana cara mencapai Pulau Gili Labak?



Pulau Gili Labak terletak di selatan Pulau Talango. Pulau ini dapat dicapai dengan alur perjalanan berikut.
  1. Dari Surabaya ke Sumenep dapat dicapai dengan angkutan bus.
  2. Dari terminal bus Sumenep ke Kecamatan Kalianget dapat dicapai dengan angkutan umum.
  3. Mencari penginapan
  4. Anda akan bersiap-siap untuk menempuh perjalanan laut. Diantaranya yaitu makan, meminum obat antimabuk bila diperlukan, dan memakai alat-alat keselamatan seperti jaket pelampung.
  5. Setelah semua siap Anda akan diantarkan menuju Pulau Gili Labak menggunakan perahu. Selamat berlibur!
Tapii, Syafira gapake rute itu.. Hahaha, tapi aku pake jasa Travel yang ga ribet dan pasti jalan tepat waktu, yaitu atjava, selain murah, pelayanannya oke banget. Harga untuk package Surabaya - Gili Labak only 250.000 per person, sudah include makan, travel ber AC super nyaman PP Surabaya - Pelabuhan Kalianget, 2 spot snorkling. Jadi, kalo pake atjava rute yang aku tempuh kurang lebih seperti ini:

1. Kumpul di Kampus C UNAIR Jam 12.00

2. Sampe pelabuhan kalianget jam 04.00, sekalian shalat Subuh. Anyway, pemandangan dari pelabuhan kalianget Subhanallah indah sekali... Sampe sini bisa ke toilet, meskipun di pagi itu bener-2 cuma 1 toilet aja yang bisa digunakan :") Sebelum berangkat ke gili labak, kalian wajib menyiapkan: Baju yang akan digunakan untuk snorkling, sunblock, uang secukupnya buat beli es degan, kamera gopro dan lain2, handphone, handuk, kresek, topi, sunglasses.

no edit!
3. Selanjutnya, kita naik perahu dari pelabuhan kalianget sampe gili labak, dan perjalanannya selama 2 jam! Lama banget kan? Didalem perahu motor selama 2 jam itu.. capek... hua... tapi selama perjalanan, kita bakalan ngeliatin air laut yang super biru, sama sekali gak butek kayak di kenj*ran! Selama perjalanan ini ada baiknya digunakan untuk tidur, biar pas sampe sana jadi fresh.


yang lain tidur.. aku sama anin mah gabisa




4. Setelah sampai di pulau Gili Labak, kita akan disambut dengan air laut super bening! Terumbu karangnya terlihat dengan jelas dan indah, suka banget deh! Hamparan pasir laut putih yang... <3 kalo kalian butuh vitamin sea, jelas2 disini deh tempatnya!

Ngga nyangka sih Gili Labak bakalan sebagus ini, bener2 diatas ekspektasi. Worth to fight!



5. Setelah kurang lebih puas 3 jam lari2 an di pulau Gili Labak, pulaunya kecil banget sih 30 menit udah bisa diputerin, tapi selama itu juga puas dan bahagia banget karena bener2 pasir putih plus laut biru. Di pulau ini hanya ada kurang lebih 100 jiwa dengan sifat super ramah dan seneng banget kalo ada pengunjung, so pulau ini aman banget! Kita akan kembali ke perahu, melanjutkan snorkling di 2 titik yang ditentukan oleh tour dan bapak2 perahu kami.


I DO MY VERY FIRST SNORKLING IN THIS GUD PLACEEE
aku benci banget semua olahraga apapun kecuali lari2 dan yoga, dan kali ini aku renang! di laut! my olahraga teacher must be so prouuud of me... ahaha.
Baju apa yang harus dipake untuk snorkling? Kalo aku sih bebas yaa, mulai dari baju renang, tshirt plus celana pendek, up to you.. Asal jangan menginjak karang karena kalo tajem bisa bikin jarimu berdarah, kayak gitu sih..

Daaan, snorkling itu harus hati2 dalam menghirup udaranya, kalo salah yang ada malah kemasukan air. Plus air laut itu super asin banget, jadi kalo bisa kacamatanya dipake terus biar matanya engga perih. :D

Jangan kepisah jauh2 dari rombongan, biar gak ilang!
Kalo kalian beruntung, bakalan dapet spot snorkling yang penuh karang indah dan ikan2 an laut yang kyutie kayak nemo!

Snorkling ini kurang lebih memakan waktu 2 jam an. Lama dan bakalan puas banget!



6. Snorkling telah selesai! Yeay.. Selanjutnya kita melanjutkan perjalanan kembali ke Pulau Kalianget, dan perjalanan 2 jam lagi. Selama itu kita juga bisa tidur karena sudah cape snorkling. Setelah sampe di pulau kalianget, kalian bisa langsung mandi dan ganti baju, jangan kaget kalo menemukan bak mandi dengan ikan mas didalemnya! :"""" kalian tau, guna ikan mas didalem bak mandi adalah biar engga ada jentik2 nyamuk!

Di sekitar pelabuhan kalianget juga ada warung2 yang menyediakan sabun mandi, snack, air mineral, ice cream, roti. Tapi ga ada salahnya sudah menyiapkan sendiri dari rumah.

7. Kembali ke Surabayaaa dengan bahagia plus pegel2! YEYYY. Selama perjalanan kalian boleh banget nyuruh mas-2 travelnya buat berhenti ke depot atau warung.. Karena pasti kelaparan....
Kurang lebih tiba di Surabaya jam 9 malam.

Why I'm so happy and recommended this trip for you all too? Karena di Pulau Gili Labak ini bener2 indah banget, dan bener2 deket dari Surabaya daripada ke pantai2 lain yang mungkin sama indahnya dengan ini. Harganya juga terjangkau sekali, dengan menggunakan tour yang super praktis only 250.000 aja. Travel yang aku gunakan adalah atjava. Jadi, nanti kalo kalian udah kesini, jangan lupa bilang ke Syafira dan cerita pengalaman kalian bagaimana ><

Aku juga hoki banget sih pas kesini, karena pas ngeliat ramalan cuaca, katanya bakalan hujan deres selama kita disana. Tapiii, yang ada malah kepanasan dan kita semua gosong -_- :")
Plus, big thanks to : temen2 aku anindita sekar, diandra marsha, nces, reritari, yang udah ngajakin aku ke gili labak jadi aku ga kuper2 amat mainan di surabaya sidoarjo mulu!, kedua, big thanks juga ke pihak atjava yang mau banget kita ribetin dari dokumentasi sampe makanan dll. mas mas nya baik bangett!

Oh iya, video kita sudah ada nih di youtube. Dont forget to like, share, and subscribe ya!

Summary:

1. Budget 250.000 for travel, 100.000 untuk makan, snack.
2. Jangan lupa bawa powerbank, charger, handphone, kamera.
3. Bawa baju ganti 2.
4. Sunblock, peralatan ibadah.
5. Perjalanan tanpa menginap, tapi tidur selama perjalanan. 1D1N.
6. Aku pake travel atjava.
7. Temen yang a6 dan oqe, pacar juga boleh.


Regards,
Syafira Devani

You May Also Like

5 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nice post, visit my blog :)

    info-bagushd.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Ulasan wisata yang lenngkap, apalagi disertai dengan tips berwisata ke gili labak. Terimakasih postingaannya semoga betah kembali menjelajah keindahan madura

    BalasHapus
  4. I gonna visit Trawangan again this autumn. When I was there last time I had so unusual feelings yeah.
    Trawangan (later I will say how to go here) is the best place in Gili Islands. This is the biggest island.
    If you wanna relax or have very active vacation, I recommend to visit Trawangan. To go here just visit
    easygili. com and buy a ticket on speed boat. There is nice place for fishing and diving.
    You can rent good bungalow for 100k, as u can see price is pretty nice.

    BalasHapus
  5. postingannya keren kakk. pakai SLR kah?

    hey, please kindly visit my blog :
    http://www.chippeido.co.vu

    Thanks,
    Chippeido <3

    BalasHapus

Instagram